Cara Perawatan Jenazah Di Rumah Sakit

277 views

Cara Perawatan Jenazah Di Rumah Sakit – Perawatan pasien di Rumah Sakit yang baru saja meninggal ditujukan untuk membersihkan dan merapikan jenazah, memberikan penghormatan terakhir pada semua insan, memberikan rasa puas kepada keluarga pasien. Merawat jenazah dilakukan dengan cara tertib dan khidmat, pasien diberikan label diisi lengkap dengan data pasien yang meliputi : nama, jenis kelamin, jam meninggal, berasal dari ruangan mana dari RS tersebut sebagai bukti diri dari jenazah.

Keterampilan perawatan jenazah di Rumah Sakit Jakarta ini sangat perlu dimiliki oleh tenaga kesehatan terutama paramedis, karena tidak semua instansi pelayanan kesehatan mempunyai tim khusus (tim keagamaan) untuk perawatan jenazah. Sehingga paramedislah yang berkewajiban untuk melakukan perawatan jenazah jika terdapat pasien yang meninggal.

Tata cara perawatan jenazah di Rumah Sakit Terbaik biasanya dilakukan sesuai dengan agama yang dianut oleh pasien, namun pada artikel ini akan membahas tata cara perawatan jenazah untuk umum (bisa dipakai untuk semua agama) yang dapat dijadikan sebagai standar operasional prosuder perawatan jenazah.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan perawatan jenazah Di Hospital In Indonesia, yaitu:

  1. Patuhi prosedur kerja.
  2. Mencuci tangan sebelum melakukan tindakan.
  3. Gunakan pelindung diri.

Alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Apron.
  2. Kain panjang atau selimut
  3. Gunting Verband.
  4. Bengkok.
  5. Tempat pakaian kotor.
  6. Washlap.
  7. Baskom air bersih
  8. Kapas.
  9. Kassa gulung.
  10. Tempat cuci tangan
  11. Sabun
  12. Handuk kecil
  13. Sarung tangan
  14. Meja kerja
  15. Formulir jenazah
  16. Tempat tidur.

Berikut cara melakukan perawatan jenazah di Rumah Sakit Jakarta, yaitu :

  1. Beritahu keluarga bahwa jenazah akan dibersihkan. Lakukan Informed consent dengan bahasa yang mudah digunakan dan ramah.
  2. Siapkan alat dan bahan yang digunakan. Susun alat secara ergonomis.
  3. Cuci tangan di bawah air mengalir, keringkan dengan handuk bersih. Pastikan kuku telah dipotong dan perhiasan telah dilepas.
  4. Pakai alat pelindung diri. Pastikan apron terpasang dengan benar dan sarung tangan tidak perlu steril.
  5. Bersihkan dan rapikan jenazah sesuai kebutuhan. Bersihkan tubuh jenazah dengan menggunakan washlap, jika ada luka yang memerlukan penjahitan maka lakukan penjahitan.
  6. Letakkan tangan jenazah sesuai agama dan kepercayaannya. Lipat tangan diatas perut jenazah dan ikat pergelangan tangan dengan kassa.
  7. Rapatkan kelopak mata dan tutup lubang-lubang pada tubuh. Tutup mata, kemudian tutup lubang hidung dan telinga dengan menggunakan kapas.
  8. Rapatkan mulut dengan cara ikat dari dagu ke kepala. Ikat dengan kassa dimulai dari dagu sampai kepala kemudian diikat simpul pada kepala.
  9. Rapatkan kedua kaki. Kedua kaki dirapatkan, kemudian ikat lutut dan kedua jempol dengan menggunakan kassa.
  10. Tutup jenazah dengan menggunakan kain penutup jenazah. Tutup seluruh bagian tubuh jenazah dengan menggunakan selimut atau kain panjang.
  11. Isi lengkap formulir jenazah dengan lengkap. Catat nama, jenis kelamin, tanggal/jam meninggal dengan lengkap dan jelas.
  12. Bawa jenazah ke kamar mayat. Mendorong jenazah menggunakan brangkar.
  13. Bereskan peralatan. Rapikan semua alat dan buang sampah pada tempatnya.
  14. Cuci tangan di bawah air mengalir, keringkan dengan handuk bersih. Cuci tangan dengan sabun dibawah air yang mengalir.

Baca juga mengenai artikel Implan GigiDokter GigiRumah Sakit JakartaGraphic Design JakartaJual Home Audio,Implan GigiRumah SakitPerumahan PekanbaruRumah Minimalis

(Visited 364 times, 1 visits today)

Comments

Comments are closed.